Apa itu Internet dan kegunaannya

Apa itu Internet dan kegunaannya 

Internet merupakan singkatan dari kata Interconnected-networking yang merupakan suatu sistem jaringan komputer yang saling terkoneksi dan menggunakan standard sistem global yang diberi nama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat TCP danIP). Sistem TCP dan IP tersebut berguna sebagai protokol pertukaran informasi yang dapat digunakan oleh milyaran pengguna internet yang tersebar di seluruh penjuru dunia.
Dalam sistem teknologi internet, TCP dan IP menjalankan fungsinya masing-masing. TCP berfungsi untuk memastikan bahwa semua koneksi tersambung secara valid sedangkan IP bertugas untuk melakukan proses transmisi data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya.

Dampak Penggunaan Internet

Sebagai salah satu bentuk teknologi yang mempengaruhi aktivitas manusia, internet tentu memiliki sejumlah dampak, baik negatif maupun positif. Beberapa manfaat dari keberadaan internet antara lain :

1. Menjadi sarana komunikasi yang bersifat universal dan dapat menghubungkan para penggunanya dari belahan dunia mana pun
  • Sarana pertukaran beragam bentuk informasi yang hemat dan mudah digunakan
  • Mewadahi berbagai transaksi bisnis dan jual beli dengan konsep e-commerce
  • Menjadi sarana hiburanbagi para penggunanya
  • Media edukasi jarak jauh yang canggih. Banyak sekali lembaga pendidikan yang memanfaatkan internet untuk membangun sistem akademik modern untuk memfasilitasi hubungan antara staf pengajar dengan para anak didik
2. Selain berbagai manfaat, keberadaan internet juga sering kali disalahgunakan sehingga menimbulkan dampak negatif seperti :
  • Keberadaan internet membuat orang menjadi internet geek yang kecandungan, malas bergaul dan seakan memiliki dunia sendiri
  • Menjadi media penyebaran konten-konten berbau pornografi. Bila penyebaran ini diakses oleh anak dibawah umur dapat menyebabkan dampak buruk pada perkembangan psikologis dan moral anak
  • Mudahnya penggunaan internet dimanfatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan cyber crime seperti penyalahgunaan kartu kredit, sistem hacking terhadap berbagai website penting dan bentuk-bentuk cyber crime lainnya
  • Banyak sekali oknum penipu berkedok online shop yang bermunculan di internet. Para pelanggan yang kurang teliti dan kurang pengalaman dalam berbelanja online dapat menjadi sasaran dari bentuk penipuan ini.
  • Munculnya situs-situs perjudian yang memudahkan orang untuk melakukan tindak perjudian. Cukup dengan mengakses internet, segala informasi dan kegiatan perjudian dapat dilakukan dengan praktis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Fasilitas Internet?

Agar kita dapat menggunakan fasilitas internet, kita harus berlangganan pada salah satu Internet Service Provider (ISP) yang men-­support pengadaan internet di wilayah tertentu. Melalui penyedia jasa internet tersebut, kita harus membayar setiap bulan untuk dapat menggunakan fasilitas internet yang kapasitas dan ketentuannya telah diatur oleh pihak ISP tersebut.
Di Indonesia, perkembangan teknologi internet tergolong cukup pesat dengan adanya support dari penjualan beragam perangkat komputer, laptop serta gadget lainnya yang memanfaatkan teknologi internet sebagai bagian dari sarana pertukaran informasi. Perkembangan internet juga didukung oleh pembuatan sejumlah software yang dapat digunakan untuk memunculkan alamat web. Berbagai jenis software menawarkan beragam keunggulan seperti tampilan yang eye catching serta kapasitas loading internet yang ringan dan hemat.

Melalui internet, kita bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti:
  • Proses surat menyurat dalam bentuk elektronik (dikenal dengan sebutan e-mail).  Apa itu e-mail dan cara mendaftarnya dapat dibaca di artikel saya selanjutnya.
  • Melakukan proses transfer file dengan mengunggah file anda ke server internet dan kemudian file tersebut dapat diunduh oleh pengguna internet lainnya (dikenal dengan sebutan FTP = File Transfer Protocol)
  • Mengakses kumpulan dokumen berbentuk multimedia yang saling terkoneksi dengan perantaraan hypertext. Kumpulan dokumen tersebut dikenal dengan sebutan webdan menggunakan identitas World Web Wide untuk mengakses informasi di dalamnya.
Munculnya teknologi yang mempermudah aktivitas manusia hendaknya disikapi secara bijak agar dapat meminimalkan dampak negatif teknologi tersebut. Tanamkan perilaku positif dan sportif pada anak-anak agar generasi muda dapat terhindar dari pengaruh buruk internet.
Dan untuk pemanfaatan internet yang baik tergantung dari pengguna interner tersebut agar dapat dipergunakan sebagai hal yang bermanfaat bagi dirinya sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Internet dan kegunaannya"

Post a Comment